Tak Hanya Wi-Fi Gratis, Pemkot Madiun Juga Manfaatkan IoT Untuk Pengelolaan PJU Dan CCTV

Tak Hanya Wi-Fi Gratis, Pemkot Madiun Juga Manfaatkan IoT Untuk Pengelolaan PJU Dan CCTV

MADIUN - Sebagai salah satu daerah yang telah menerapkan Smart City di Indonesia, Kota Madiun terus meningkatkan infrastruktur digitalnya. Mulai dari pengelolaan pemerintahan, pelayanan masyarakat, hingga penyediaan fasilitas kota.

Salah satunya tampak pada pengelolaan penerangan jalan umum (PJU) di Kota Pendekar yang telah memanfaatkan teknologi digital. Yaitu, smart breaker. Hal ini seperti diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Noor Aflah, Selasa (24/1).

‘’Pemanfaatan IoT (Internet of Things, red) di Kota Madiun ada tiga. Untuk smart breaker pada PJU, alat kontrol pompa air banjir otomatis, dan CCTV yang saat ini sedang kami kembangkan,’’ ujarnya.

Dalam hal PJU, Aflah mengungkapkan bahwa teknologi smart breaker telah diterapkan sejak awal pandemi Covid-19. Terutama, dalam memudahkan kinerja petugas dalam mengatur nyala/mati lampu di Kota Madiun. Teknologi inipun terus dikembangkan. Termasuk, memudahkan petugas untuk mengetahui PJU yang mengalami kerusakan tanpa menunggu laporan dari warga. Sebab, smart breaker dapat dikoneksikan dengan smartphone petugas.

Saat ini, total PJU di Kota Madiun telah mencapai lebih dari 5 ribu titik. Sedangkan, panel PJU ada 262 unit. Ke depannya, Pemkot Madiun terus menambah fasilitas sesuai dengan program lampunisasi yang akan segera berjalan.

‘’Ini program kolaborasi antara Diskominfo dengan Perkim. Saat ini kami menunggu jumlah lampunisasi yang akan dilakukan. Selanjutnya, kami sesuaikan dengan kebutuhan yang ada,’’ imbuhnya.

Terkait pemanfaatan IoT dalam CCTV, saat ini Diskominfo telah mengelola 20 titik kamera pemantau di sejumlah sudut kota. Ke depannya, jumlah kamera pengawas ini akan terus ditambah seiring berjalannya program lampunisasi. Serta, akan dikoneksikan dengan CCTV yang ada di Dinas Perhubungan.

‘’Ini merupakan oleh-oleh Pak Wali (Wali Kota Madiun Maidi, red) saat ke Korea Selatan beberapa waktu lalu. Dengan pemanfaatan IoT untuk CCTV ini harapannya bisa memudahkan pemantauan di area kota. Juga, meningkatkan keamanan lingkungan,’’ tandasnya. (Ney/irs/madiuntoday)

26