Jalin Kerja Sama Bilateral, Sejong Foundation Korea Selatan Siap Fasilitasi Pertukaran Pelajar Hingga Promosikan Produk Lokal Kota Pendekar

Jalin Kerja Sama Bilateral, Sejong Foundation Korea Selatan Siap Fasilitasi Pertukaran Pelajar Hingga Promosikan Produk Lokal Kota Pendekar

SURABAYA - Wali Kota Madiun, Maidi memang lihai menjalin kerja sama bilateral. Kali ini, orang nomor satu di Kota Pendekar itu menjalin kerja sama dengan Sejong Foundation Korea Selatan. Penjajakan kerja sama itu mengemuka saat Forum Group Discussion (FGD) yang berlangsung di Bumi Surabaya City Resort, Senin (8/5) malam.
 
Wali Kota Maidi tidak sendiri, ada juga Bupati Sumenep dan juga Kepala Dinas Pendidikan se-Jawa Timur serta stakeholder terkait. Dalam FGD tersebut hadir pula Mr. Hyung Kim Jed dari Sejong Foundation. Selain itu, hadirnya FGD juga berkat kerja sama dengan Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari.
 
Ketua Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari, Suko Widodo menyebut dari FGD itu mengemuka kerja sama terkait beasiswa pendidikan, pertukaran pelajar, hingga pengenalan produk-produk unggulan Kota Madiun. Selain itu, juga mengemuka kerja sama di bidang pariwisata.
 
‘’Dari Sejong Foundation dan kami di Yayasan Pawiyatan Suluh Nagari siap untuk memfasilitasi berbagai kerja sama khususnya di bidang pendidikan,’’ ujar Suko.
 
Bahkan, Mr. Hyung Kim Jed menyatakan ketertarikannya akan Kota Madiun. Pihaknya siap memberikan fasilitas yang dibutuhkan. Selain dalam mengembangkan dunia pendidikan, dia juga berharap akan peningkatan wisatawan ke Kota Madiun ke depan.
 
‘’Kita akan menfasilitasi adanya pertukaran pelajar antara korea selatan dengan Kota Madiun, mengenalkan wisata-wisata dan produk Kota Madiun agar bisa menarik wisatawan untuk datang ke Kota Madiun,’’ ungkapnya sembari menyebut suka akan pecel madiun.
 
Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi menyebut hadirnya kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja wali kota di Negeri Ginseng tersebut sebelumnya. Seperti diketahui, Wali Kota Maidi bersama sejumlah kepala daerah lainnya memang pernah melaksanakan kunjungan kerja ke Korea Selatan akhir 2022 lalu. Di Negeri Gingseng tersebut, wali kota mengunjungi sejumlah daerah untuk Studi Banding Implementasi Kota Cerdas yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Wali kota menyebut pertemuan di Surabaya merupakan tindak lanjut dari yang kegiatan studi banding sebelumnya.
 
‘’Terima kasih malam hari ini kita bertemu untuk bekerja sama dengan Korea Selatan menindaklanjuti smart city untuk perkembangan kota. Alhamdulillah malam ini semua akan terealisasi,’’ jelas wali kota. (ney/agi/diskominfo)

26