Hasil Evaluasi Implementasi Smart City Tahap Kedua 2023, Kota Madiun Nangkring di Urutan Ketiga Nasional

Hasil Evaluasi Implementasi Smart City Tahap Kedua 2023, Kota Madiun Nangkring di Urutan Ketiga Nasional

MADIUN - Kota Madiun memang baru masuk dalam program Smart City bersama 25 daerah terakhir dari 100 pilot project kota cerdas pemerintah pusat. Kendati begitu, Kota Madiun cukup menarik perhatian nasional. Hal itu dibuktikan dari hasil evaluasi implementasi Kota Cerdas (Smart City) Tahap II 2023 yang cukup baik untuk Kota Pendekar. Dari 141 Kota/Kabupaten yang masuk program Gerakan Menuju Kota Cerdas periode 2017-2021, Kota Madiun berada di urutan tiga nasional.
 
Kota Madiun mendapatkan nilai final hasil evaluasi sebesar 3,71. Nilai itu di bawah Kota Surakarta dengan 3,84 dan Kota Bandung dengan 3,83. Hasil tersebut tentu cukup membanggakan lantaran Kota Madiun termasuk daerah yang bergabung dalam program tersebut pada tahap-tahap akhir.
 
‘’Ini menunjukkan kita serius ya. Biarpun kita bergabung di akhir, tetapi kita bisa bersaing dengan daerah-daerah yang sudah lebih dulu menjalankan program ini,’’ kata Wali Kota Madiun, Dr. Maidi, Kamis (29/2).
 
Dari nilai final tersebut terbagi dalam beberapa kriteria. Yakni, baseline (3,8), output (3,17), outcame (3,72), impact (4), quick wins (3,9), dan tingkat improvement untuk Kota Madiun mendapatkan nilai 0,06. Itu sudah hasil yang baik jika melihat daerah lain tak sedikit yang mendapatkan nilai minus untuk tingkat improvement tersebut.
 
‘’Artinya apa, mulai dari apa yang kita rencanakan kita wujudkan dengan serius maka hasilnya maksimal. Setiap kita menjalankan program memang tidak pernah setengah-setengah,’’ tegasnya.
 
Selain nilai hasil evaluasi yang cukup baik, program smart city yang dijalankan di Kota Madiun juga cukup sering mendapatkan penghargaan. Mulai dari dimensi smart governance, dimensi smart environment, dimensi smart society, dimensi smart living, dimensi smart economy, dan dimensi smart branding. Penghargaan mulai dari kementerian terkait program smart city hingga dari instansi di luar pemerintahan.
 
‘’Apa yang sudah diraih ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Program yang dijalankan wajib terus memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat,’’ pungkasnya. (vincent/agi/madiuntoday).

26